Minggu, 29 April 2012

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar dalam Kesusastraan

Dalam definisi yang saya ketahui, Kesusastraan adalah suatu karya yang menggabungkan sastra dengan sebuah seni, menghasilkan suatu rangkaian kata indah yang biasa di sebut dengan puisi dan prosa. Kesusastraan ini sendiri sangat berhubungan dengan konsepsi dari Ilmu Budaya Dasar. Dimana sebuah karya yang telah tercipta adalah hasil budaya indonesia sendiri. Beberapa contoh ini adalah contoh dari prosa lama, yakni: Dongeng, Hikayat, Sejarah, Epos, dan Cerita pelipur lara. Sedangkan beberapa contoh dari prosa baru, yakni: Cerpen, Novel, Biografi, Kisah, dan Otobiografi. 

Ada pula yang namanya “Prosa Fiksi””, prosa fiksi adalah sebuah seni yang dapat memberikan kesenangan atau memberikan hiburan pagi pembacanya. Prosa fiksi juga dapat memberikan informasi yang belum tentu terdapat pada ensiklopedia. Hubungan nya dengan Ilmu Budaya Dasar ini sendiri dikarenakan prosa fiksi memiliki nilai-nilai kultural atau kebudayaan

 Berikut adalah hubungan budaya dasar dengan puisi:

  1. Figura bahasa seperti gaya personifikasi(penjelmaan)metafora(kiasan)perbandingan,alegori,sehingga puisi menjadi segar 

  2.Kata kata yang ambiguitas,yaitu kata kata yang bermakna ganda.

  3. Kata lata yang berjiwa,yaitu kata kata yang sudah di beri suasana tertentu,berisi perasaan dan pengalamn sang penyair,sehingga terasa hidup.  

4. Kata kata yang konotatif,yaitu kata kata yang sudah di beri tambahan nilai nliai rasa dan asosiasi asosiasi tertentu. 

Dari semua keterangan-keterangan yang saya dapatkan, dapat disimpulkan bahwa budaya dengan sastra adalah satu kesatuan seni yang tidak dapat dipisahkan dan pastinya saling bergantungan dan keterkaitan satu dengan yang lain. 

 

 www.bluepakarcinta.com

http://nikenmutiara.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar